Kamis, 15 November 2012

Diposting oleh eva di 22.07
Apa perbedaaan perdangan internasional dengan pemasaran internasional?

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.

Pemasaran Internasional adalah kegiatan Pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_internasional
              http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_internasional 



Alasan setiap negara melaksanakan bisnis internasional

Alasannya adalah setiap negara didunia tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya dengan barang-barang atau produk yang diproduksi dari neraga itu sendiri. Tidak satu negara pun yang dapat memenuhi 100% swasembadanya karena setiap negara memiliki perbedaan sumber daya baik dari sumber daya alam, sumber daya modal, maupun sumber daya manusia yang berbeda-beda sehingga negara itu melakukan bisnis internasional untuk memenuhi sumber daya-sumberdaya tersebut yang belum terpenuhi untuk diolah dengan sumber daya-sumber daya yang sudah ada dalam negara itu sendiri sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di negara tersebut. Hampir semua perusahaan besar maupun kecil dalam setiap negara melakukan bisnis internasional dengan persusahaan negara lain demi tercapainya kebutuhan masyarakat di setiapn negara.


Faktor-faktor  yang mempengaruhi mempengaruhi bisnis internasional
 
  1. Faktor Alam/ Potensi Alam.
  2. Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri.
  3. Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara.
  4. Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi.
  5. Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.
  6. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.
  7. Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang.
  8. Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain.
  9. Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_internasional
             

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting