Jumat, 12 April 2013

Tugas 1

Diposting oleh eva di 15.34

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Investasi dalam Perekonomian Suatu Negara

Investasi diartikan sebagai penanaman uang atau di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Pada dasarnya investasi adalah membeli suatu aset yang diharapkan di masa datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi. Investasi juga dapat dikatakan sebagai suatu penundaan konsumsi saat ini untuk konsumsi masa depan. Harapan pada keuntungan di masa datang merupakan kompensasi atas waktu dan risiko yang terkait dengan suatu investasi yang dilakukan. Terdapat beberapa faktor faktor yang mempengaruhi investasi dalam perekonomian suau negara yaitu :
  1. Suku Bunga
  2. Pendapatan nasional per kapita untuk tingkat negara (nasional) dan PDRB per kapita untuk tingkat propinsi dan Kabupaten atau Kota
  3. Kondisi sarana dan prasarana
  4. Birokrasi perijinan
  5. Kualitas sumberdaya manusia
  6. Peraturan dan undang-undang ketenagakerjaan
  7. Stabilitas politik dan keamanan
  8. Pengaruh Nilai tukar
  9. Tingkat Inflasi
  10. Faktor kestabilan perekonomian negara
  11. Faktor perubahan dan perkembangan teknologi
  12. Faktor prospek ekonomi di masa datang
  13. Infrastruktur



Faktor-faktor Penentu Pertumbuhan
&
Perubahan Struktur Ekonomi


Faktor-faktor yang mempengaruhi penentu pertumbuhan dan perubahan struktur ekonomi adalah sebagai berikut.
1.      Barang Modal
Agar ekonomi mengalami pertumbuhan, stok barang modal harus ditambah melalui investasi. Pertumbuhan ekonomi baru dimungkinkan jika investasi neto lebih besar dari nol. Sebab jika sama dengan nol, perekonomian hanya dapat berproduksi pada tingkat sebelumnya.
Barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.

2.      Tenaga Kerja
Sampai saat ini, khususnya di negara sedang berkembang, tenaga kerja masih merupakan faktor produksi yang sangat dominan. Penambahan tenaga kerja umumnya sangat berpengaruh terhadap peningkatan output. Namun, jumlah kerja kerja yang dapat dilibatkan dalam proses produksi akan semakin sedikit jika teknologi yang digunakan semakin tinggi. Tenaga kerja di sini adalah sumber daya manusia (SDM) samakin SDM nya baik dan meningkat maka teknologi yang di gunakan semakin rendah, karan SDM lebih baik dari pada teknologi , secanggih-canggihnya teknologi yang ada apabila SDMnya tidak memadai maka terknologi tersebut tidak berfungsi semestinya.

3.      Teknologi
Penggunaan teknologi yang semakin tinggi sangat memacu pertumbuhan ekonomi, jika hanya dlihat dari peningkatan output. Melalui penggunaan teknologi yang tepat guna, manusia dapat memanfaatkan secara optimal potensi yang ada dalam diri dan lingkungannya. Selain itu
kemajuan teknologi akan mempertinggi produktivitas kegiatan-kegiatan ekonomi, pada akhirnya menyebabkan terjadinya perluasan pasar serta kegiatan perdagangan. Dengan demikian akan tercipta produk baru yang tidak hanya diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan bagi konsumsi masyarakat desa tetapi juga untuk kebutuhan masyarakat kota.

4.      Uang
Dalam perekonomian modern. uang memegang peranan dan fungsi sentral. Uang bagi perekonomian ibarat darah dalam tubuh manusia Makin banyak uang yang digunakan dalam proses produksi, makin besar output yang lebih besar jika penggunaannya efisien. Serta dapat menjesahterakan seluruh masyarakat di negara tersebut. Uang juga berperan penting dalam pertumbuhan dan perubahan struktur ekonomi.

5.      Manajemen
Manajemen adalah peralatan yang sangat dibutuhkan untuk mengelola perekonomian modern, terutama bagi perekonomian yang sangat mengandalkan mekanisme pasar. Sistem manajemen yang baik terkadang jauh lebih berguna dibanding barang modal yang banyak, uang yang berlimpah, dan teknolohi tinggi. Suatu perekonomian yang tidak terlalu mengandalkan teknologi tinggi, namun dengan manajemen yang baik, mampu mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi Yang tinggi.

6.      Kewirausahawan (Entrepreneurship)
Para pengusaha memiliki perkiraan yang matang bahwa input yang dikombinasikannya akan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat atau menjadi barang dan jasa yang akan dibutuhkan masyarakat. Kemampuan mengombinasikan input dapat disebut sebagai k.emampuan inovasi. Sejarah mencatat bahwa kemampuan inovasi tidak selalu dikaitkan dengan teknologi tinggi. Contohnya, produk Coca Cola, salah satu minuman ringan terlaris di dunia, dihasilkan oleh wirausaha Amerika Serikat.

7.      Informasi
Infomasi yang sempurna dan seimbang arus informasi, para pelaku ekonomi dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat dan lebih baik. Sehingga sangat memacu terjadinya perubahan pada pertumbuhan dan perubahan stuktur  ekonomi yang erjadi di suatu negara untuk lebih baik dari sebelumnya. Dan hal tersebut mengakibatkan pertumbuhan perekonomian suatu negara menjadi lebih baik dan lebih maju.




Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting