Kamis, 10 April 2014

Bank dan Lembaga Keuangan (Peretemuan 4)

Diposting oleh eva di 13.57

Metode Perhitungan Biaya Dana Bank



Pada minggu ke 4 atau pertemuan terakhir membahas tentang perhitungan biaya dana bank dengan menggunakan laporan keuangan Bank yang datanya di dapat dari www.bi.go.id ( setiap anak membuat perhitungan dengan laporan keunagan Bank yang berbeda-beda yang mereka pilih) . Dalam pertemuan ini saya memilih Bank Konvesional yaitu Bank Internasional Indonesia (BII) periode 12/2012 , berikut saya lampirkan laporan keuanganya “ sebagai bahan perhitungan hanya di ambil neraca dan laporan laba/rugi nya








Setelah memperoleh hasil perhitungan biaya dana bank , maka data tersebut di alokasikan ke dalam perhitungan E dan C pada metode RGEC.



Nah , itu lah hasil dari perhitungan metode RGEC komponen E dan C

Pada komponen C (Capital ) terdapat sitilah ATMR ( Aset Tertimbang Menurut Risiko) berpedoman pada ketentuan Bank Indonesia menegnai Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank Umum ( KPMM ), biasanya dalam bentuk rasio yang sudah di tetapka  oleh BI , rasio dihitung per posisi penilaian termasuk memperhatikan trend KPMM.  ATMR biasa disebut denga CAR (Capital Adequacy Ratio).



Catatan Kecil :

“ Cost of Fund digunakan untuk menghitung berapa bunga yang ada di tangan kanan. Bila penyebut makin kecil maka COF makin besar “.


Sekian resume minggu/ pertemuan ke 4 (terakhir) ……




Sumber :
E.S Margianti dan Budi Hermana. 2011. Manajemen Dana Bank Prinsip dan Regulasi di Indonesia. Jakarta : UG




0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting