Kamis, 12 Desember 2013

Budget dan Kepuasan Optimal

Diposting oleh eva di 23.52
Pengaruh Budget Terhadap Kepuasan Optimal

Nama : Eva Nor Octania
NPM : 22212575
Kelas : SMAK06-3

Seperti yang kita ketahui budget atau bisa disebut dengan anggaran belanja atau pendapatan konsumen bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu karena beberapa faktor. Perubahan pendapatan dapat mempengaruhi garis anggaran .

Dapat di asumsikan dengan contoh berikut :

Dara memiliki pendapatan sebersar Rp 200.000 dengan pendapatan yang dimiliki , Dila bisa membeli 2 unit septu dengan harga satuan Rp 75.000 dan 1 unit sandal dengan harga satuan Rp 50.000. Pada bulan berikutnya pendapatan Dila menurun menjadi Rp 100.000 dengan harga yang sama Dila hanya mampu membeli 2 unit sandal saja. Maka hal ini menyebabkan garis anggaran pengeluaran pada kurva pendapatan akan bergeser ke kiri (RS) . Pada bulan berikutnya pendapatan Dila meningkat menjadi Rp 300.000 dengan harga yang sama pula Dila bisa membeli 2 unit septu dan 3 unit sandal, hal ini akn menyebabkan garis anggran pengeluaran pada kurva pendapatan akan bergeser ke kanan (TU). Dari cerita diatas dapat disimpulakna bahwa kurva pendapatan bisa berubah-ubah :



Dalam hal ini Perilaku konsumen bisa pula diterangkan dengan pendekatan Indifference curve sebagai berikut:
1.      Konsumen mempunyai pola preferensi akan baarang-barang konsumsi (misalnya X dan Y) yang bisa dinyatakan dalam bentuk indifference map atau kumpulan dari indifference curve,
2.      Konsumen mempunyai sejumlah uang tertentu dan
3.      Konsumen lelaluberusaha mencapaikepuasan maksimum.


Definisi: Indifference curve adalah konsumsi (atau pembelian) barang-barang yang menghasilkan tingkat kepuasanyang sama.




Garis ini disebut garis budget atau budget line. Tingkat kepuasan yang maksimum dicapai bila konsumen membelanjakan M untuk membeli sebanyak OY 1 barang Y dan OX 1 barang X, yaitu pada posisi persinggungan antara budget line dengan indifference curve.
Dari contoh diatas , pada saat Pendapatan dila mencapau Rp300.000 garis anggran pengeluaran Dila berada di titik C , maka kurva I2 merupakan tingkat kepuasan maksimum yang dicapai oleh Dila. Kurva I3 dan I4 walaupun lebih tinggi dari kurva I2 tidak terjangkau dengan kemampuan yang ada. Maka kepuasan tertinggi terdapat di kurva I2 dimana konsumen akan mencapai kepuasan maksimum(optimal) apabila ia mencapai titik di mana garis anggranpengeluaran menyinggung kurva kepuasan yang sama.

"Maka dapat disimpulakan bawah kepuasa akan tercapai jika Pendapatan naik".

Sumber :

Sukirno, Sardono., Mikroekonomi teori pengantar, Edisi Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.













1 komentar:

Unknown on 13 Desember 2013 pukul 16.54 mengatakan...

rincin rumus nya gmn agar bisa menjadi kepuasan optimal dan bagaimana kurva di atas bisa terbentuk seperti itu....?
mohon pencerahanya....

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting