Kamis, 12 Desember 2013

Perekonomian 2 Sektor

Diposting oleh eva di 23.31
Perekonomian Dua Sektor

Nama: Eva Nor Octania
NPM : 22212575
Kelas : SMAK06-3


Perekonomian dua sektor terdiri dari sektor rumah tangga dan perusahaan. Dimana dalam perekonomian ini tidak terdapat pajak dan pengeluaran pemerintah baik dalam negri maupun luar negeri.  Sektor rumah tangga dan sektor perusahaan ini saling berhubungan sama lain unuk membentuk aliran pendapatan atau yang disebut dengan Siklus Aliran Pendapatan dalam Ekonomi yang Sederhana. 



Sektor Rumah Tangga (RT)

Sektor RT memiliki faktor produksi yang dibutuhkna oleh sektor perusahaan. Sektor ini menyediakan tenaga kerja, modal, tanah, kewirausahaan. Sektor ini akan menawarkan faktor-faktor produksinya kepada sektor perusahaan. Sebagai balas jasa sektor perusahaan memberikan berbagai jenis pendapatan rumah tangga seperti gaji/upah untuk tenaga kerja, bunga untuk pemilik para modal, sewa untuk pemilik tanah dan harta tetap, dan deviden (untung) untuk pemilik keahlian kewirausahaan. Berbagai jenis pendapatan tersebut akan digunakan lagi untuk membeli barang atau jasa yang  diperlukan.

Sektor Perusahaan

Perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat (sektor rumah tangga) dengan tujan mendapatkan keuntungan. Sektor rumah tangga menggunakan pendapatan mereka untuk membeli (pengeluaran) barang dan jasa yang di tawrkan oleh sektor perusahaan , pengeluaran yang dilakukan oleh sektor rumah tangga menjadi pendapatan perusahaan.
Hal ini kan menyebabkan dua aliran dalam perekonomian. Aliran yang pertama adalah pengeluaran konsumsi yaitu perbelanjaan masyarakat dari sektor rumah tangga ke sektor perusahaan. Aliran yang kedua adalah aliran barang yaitu barang-barang sektor perushaan ke sektor rumah tangga. Maka akan terjadi aliran pendapatan dan ekonomi pasar  yang akan menimbulkan interkasi permintaan dan penawaran faktor di dalam pasar faktor.




Sumber :

Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung, Teori Ekonomi Mikro; Suatu Pengantar, Edisi Ketiga. Jakarta: UI, 2006.
Sukirno, Sardono., Mikroekonomi teori pengantar, Edisi Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.








1 komentar:

Unknown on 18 Desember 2013 pukul 10.38 mengatakan...

jadi, siklus kegiatan ekonomi model sederhana itu sama dengan perekonomian dua sektor ya?
makasih infonya

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting